tikpat
Begini Dampak Rantai Roda Terlalu Kencang
Efek setelan rantai roda terlalu kencang (Banar).
.

Begini Dampak Rantai Roda Terlalu Kencang

 

motorinanews, Jakarta – Enggak hanya cukup dilakukan perawatan, rantai roda sepeda motor juga wajib disetel secara berkala, agar performanya selalu baik.

“Meskipun terlihat sepele, namun hal ini sering diabaikan oleh pemiliknya. Karena jika setelan rantai roda sudah tidak tepat, yakni kendur ataupun terlalu kencang, pastinya bikin enggak nyaman bahkan bisa memicu kecelakaan,” ujar Syafrudin, punggawa Udin Motor.

Lantaran masih banyak bikers yang kurang perduli terhadap setelan rantai roda tunggangan kesayangannya, berikut dibahas dampak maupun efek rantai roda yang terlalu kencang atau tegang.

Tenaga Mesin Menurun

“Menyetel rantai roda terlau kencang atau tegang, akan menyebabkan tenaga tunggangan menurun, karena akan menambah gesekan dan juga beban mesin,” wanti pebengkel di bilangan Halim Perdana Kususma, Jaktim.

Rantai Cepat Putus

Bila setelan rantai terlalu kencang, pastinya gesekan pada rantai akan bertambah.

“Bila tunggangan ditambah beban hingga berlebihan, kemungkinan rantai putus pada saat itu juga, bisa terjadi. Hal ini karena adanya tekanan yang menarik rantai,” yakin pembengkel akrab disapa Udin.

Jadi hal ini cukup fatal dan jangan dibiarkan terjadai pada motor kesayangan, Motorinalovers. Pasalnya tidak susah untuk melihat setelan rantai roda terlalu kencang ataupun tidak.

Posisikan sepeda motor pada standar tengah, kemudian gerakkan rantai roda ke atas dan ke bawah.

“Kondisi normal, rantai roda bisa bergerak ke atas dan ke bawah antara 2-3 centi meter. Namun jika kurang dari itu artinya setelan rantai roda terlalu kencang, berarti rantai harus disetel ulang,” pungkas Udin. (Banar)

# TAGS : Rantai roda Kencang kendur setelan rantai efek setelan rantai kencang