Berikut Alasan Kenapa Safety Check Wajib Dilakukan Bagi Semua Bikers
Berikut Alasan Kenapa Safety Check Wajib Dilakukan Bagi Semua Bikers (ist).
.

Berikut Alasan Kenapa Safety Check Wajib Dilakukan Bagi Semua Bikers

motorinanews, Jatim - Safety Check merupakan sikap kepala menoleh ke belakang ke kiri kanan kanan, hingga mata melihat ke belakang.

Dengan Safety Check yang memakan waktu kurang lebih 3 detik ini, mata mendapat informasi kondisi lalu lintas di belakang. Sehingga keputusan untuk menjalankan besutan, sesaat setelah motor berhenti dan pindah jalur bisa dilakukan dengan aman.

“Tujuan Safety Check ini untuk memastikan kondisi di sekitar aman. Mencegah terjadinya kecelakaan saat akan berkendara dan saat pindah jalur. Juga untuk meningkatkan rasa aman saat berkendara,” ucap Hari Setiawan, Safety Riding Coordinator PT MPM, distributor motor Honda Jatim dan NTT.

Melihat kondisi lalu lintas di belakang melalui spion saat akan menjalankan motor atau start dan berhenti, baik dan wajib dilakukan. Tapi spion memiliki keterbatasan atau area blind spot, maka dari itu penting melakukan Safety Check agar lebih aman.

Untuk memastikan kondisi lalu lintas kosong atau apakah ada pemakai jalan yang berpotensi bahaya bila kita menjalankan maupun menghentikan motor, Safety Check ini wajib dilakukan.

Karena bila tanpa melihat ke belakang dan motor langsung di gas, pemakai jalan yang ada di belakang bisa kena imbasnya. Pemakai jalan di belakang bisa terkejut dan menabrak.

“Safety Check sesaat setelah motor berhenti, juga harus dilakukan Motorinalovers. Hal ini penting untuk memastikan posisi berhenti sudah aman atau belum dan tidak menggangu lalu lintas dari belakang,” pungkas Hari Setiawan. (Banar)

# TAGS : Safety Check menoleh ke belakang PT MPM Safety Riding PMP