Berikut Beberapa Penyebab Gredeg-Gredeg Motor Matik Beserta Solusinya
Beberapa Penyebab Gredeg-Gredeg Motor Matik Beserta Solusinya (Banar).
.

Berikut Beberapa Penyebab Gredeg-Gredeg Motor Matik Beserta Solusinya

motorinanews, Jakarta – Bagi Motorinalovers pembesut motor matik, pastinya sudah enggak asing lagi bila mengalami bunyi kasar dan gredeg-gredeg pada sektor CVT (Continuously Variable Transmission).

Umumnya, bunyi ini gredeg-gredeg ini muncul dan terdengar, ketika awal grip gas diputar. Biasanya saat grip gas diputar dari posisi pelan ke kencang.

Enggak sedikit Motorinalovers yang membiarkan bunyi tersebut, karena memang hanya akan terdengar di awal-awal saja dan seterusnya tidak lagi terdengar. Namun ada pula yang merasa kurang nyaman karena terkesan seperti mesin ada yang rusak.

Nah, maka dari itu Motorinalovers juga wajib mengetahui apa penyebab dari bunyi gredeg-gredeg tersebut dan bagaimana solusi. Berikut beberapa penyebab motor matik gredeg-gredeg beserta solusinya, yang dilansir dari laman ebsite Wahana Honda;

Penyebab gredeg-gredeg

Ketika Motorinalovers memutuskan untuk membawa motor matik yang berbunyi gredek-gredek tersebut, maka jangan langsung memvonis bahwa penyebab timbulnya bunyi tersebut adalah pada satu bagian saja karena sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab pertama adalah karena terdapatnya kotoran pada CVT. Kotoran tersebut muncul karena disebabkan banyak hal, mulai dari lingkungan sekitar seperti debu atau lumpur atau juga karena kampas gandanya yang mulai kegerus. 

Penyebab kedua adalah terletak pada rubber clutch damper atau karet penahan kampas ganda yang sudah mengeras. Dengan mengerasnya karet tersebut, maka kampas ganda menjadi goyang karena tidak ada penyangganya. Dan karena kampas ganda goyang, maka akan terjadi benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat koling berada.

Penyebab ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, sudah mengeras atau sudah menipis. Dengan keadaan seperti itu, maka kampas ganda akan mudah bergoyang.

Penyebab keempat adalah terjadi kerusahan pada roller weight atau roller CVT serta fan belt yang sudah mulai aus.

Solusi

Solusi paling sederhana adalah melakukan servis di tempat servis atau dealer motor matik langgangan. Namun apabila ingin memperbaiki sendiri, maka pertama-tama yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan mangkuk yang menjadi rumah kopling.

Setelah itu, Motorinalovers juga dapat membersihkan kotoran yang ada di van belt serta di rollernya.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa keras tidaknya per pengikat kampas kopling ganda. Namun apabila setelah membersihkan bagian-bagian tersebut dan motor matik masih berbunyi gredek-gredek, maka tidak ada cara lain, Motorinalovers harus menggantinya dengan perangkat yang dijual di bengkel resminya. (Banar)

# TAGS : CVT (Continuously Variable Transmission) Gredeg gredeg motor matik CVT matik