Berikut Beberapa Jenis Cakram Umum Digunakan, Nomor 3 Diandalkan Untuk Balap
Berikut Beberapa Jenis Cakram Umum Digunakan (Banar).
.

Berikut Beberapa Jenis Cakram Umum Digunakan, Nomor 3 Diandalkan Untuk Balap

motorinanews, Jakarta - Hampir semua tunggangan yang digelontorkan dari pabrikan saat ini, sudah mengusung sistem pengereman jenis cakram pada pengereman depannya. Bahkan pada tunggangan jenis tertentu, sudah dilengkapi dobel cakram depan belakang.

Namun disck brake atau cakram ini, enggak bisa asal disematkan pada sembarang motor loh, Gengs. Karena ada 3 jenis cakram yang biasa diandalkan pada tunggangan.

Sedangkan masing-masing jenis cakram tersebut, pemasangannya menyesuaikan cc tunggangan maupun fungsi tunggangan itu sendiri.

Nah, berikut 3 jenis disck brake atau piringan cakram yang umum digunakan;

Cakram jenis Fix

“Rem cakram jenis ini banyak di gunakan motor yang ber cc kecil di bawah 150 cc, dengan ciri utama material cakram ngeblok, tanpa pemisah,” ucap Mansuri Em-Push, punggawa Garasi 63 Racing.

Motor ber cc kecil umumnya memakai cakram jenis ini, kegunaannya juga sangat baik di kondisi tertentu namun jika cakram ini terlalu panas, akan menimbulkan sedikit masalah karena cakram jenis ini tidak dapat mengambang.

Semi Floating

Cakram Semi Floating biasa diaplikais pada motor 250 cc ke atas. Jenis rem cakram Semi Floating ini berbeda dengan cakram Fix yang meyatu dengan velg, model Semi Floating antara cakram dan dudukannya terpisah dengan velg, jadi bagian luarnya bisa mengambang.

Floating

“Cakram jenis Floating pada umumnya di gunakan untuk kepentingan balapan atau racing. Komponennya terdiri dari rotor carrier, float buttons dan brake rotor,” imbuh Em-Push.

Cakram Floating di desain seperti ini berguna untuk mencegah cakram tidak penyok saat ada gesekan yang menimbulkan suhu panas yang tinggi, saat proses pengereman dalam intensitas yang tinggi. (Banar)

# TAGS : jenis rem cakram cakram floating disck brake pengereman