Tips Baca Kode Gir Dan Rantai Roda Motor
Tips cara baca kode gir dan ratntai roda sepeda motor (Banar).
.

Tips Baca Kode Gir Dan Rantai Roda Motor

motorinanews, Jakarta - Salah satu komponen vital pada motor bebek dan sport adalah gir dan rantai, yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

“Komponen penggerak roda belakang ini terdiri dari; gir depan, gir belakang dan rantai roda. Biasanya bengkel menyebutnya gir set, chain set dan drive chain,” ucap Yanto, mekanik Layz Motor.

Nah, agar Motorinalovers tidak salah beli gir set yang sesuai anjuran pabrik, wajib memahami kode gir dan rantai sepeda motor yang akan dibeli.

Gir depan

Gir depan memiliki ukuran, jumlah mata gigi dan ketebalan, contohnya dengan kode 428 – 14T. Gir depan ini memiliki nomor ketebalan 428 dan jumlah mata gigi (tooth) sebanyak 14.

Gir belakang

Enggak hanya gir depan, gir belakang juga memiliki ukuran, jumlah mata gigi dan ketebalan, contohnya dengan kode 428 – 47T. Artinya gir belakang ini memiliki nomor ketebalan 428 dan jumlah mata gigi (tooth) sebanyak 47.

Kode lain yang ada pada kemasan, contohnya; 428 HD atau 428 HDX. Kode parbikan ini menunjukkan kualitas dari tipe rantai tersebut, artinya; HD = High Durability dan HDX = High Durability With X-Ring.

Rantai atau chain

“Rantai juga memiliki ukuran panjang dan ketebalan, contohnya rantai dengan kode 428-104L. Artinya memiliki nomor ketebalan 428 dan panjang 140 sambungan (link),” pungkas mekanik mangkal di Jl. Kelapa Dua, Jakbar. (Banar)

 

 

 

# TAGS : gir roda rantai roda gir set sprocket