Rekondisi Matik Second Suzuki Skywave
Rekondisi matik second Suzuki Skywave (Banar).
.

Rekondisi Matik Second Suzuki Skywave

motorinanews, Jakarta – Meskipun umur pakainya sudah cukup lama, lebih dari 10 tahun, namun Suzuki Skywave masih ada saja peminatnya.

Nah bagi Motorinalovers yang berencana tebus matik bekas/second Suzuki Skywave, perlu siapkan dana tambahan untuk penggantian peranti tertentu yang sifatnya slow moving.

Apalagi umur pakainya lebih dari 10 tahunan, dipastikan banyak onderdilnya yang rusak dan minta ganti baru.

“Biar performanya tetap optimal, setelah tebus Suzuki Skywave second, perlu rekondisi atau servis besar mesin dan CVT,” tutur Yuli Santoso, kepala mekanik Suzuki Dewi Sartika di Jaktim.

 

Servis besar mesin

Peranti pertama yang dibongkar adalah head mesin, komponen utamanya; klep, roker arm dan noken as.

“Bila ada kebocoran pada celah klep, akan mengakibatkan kompresi menurun, akibatnya tenaga ngedrop. Untuk itu perlu skir ulang dan ganti sil klep baru,” ujar pria akrab disapa Yuli.

Umur motor di atas 10 tahun, ring sehernya juga sudah mengalami keausan dan harus diganti, agar kompresinya tetap maksimal.

“Perlu diwaspadai juga, umur motor segitu, keteng juga sudah mulai kendur dan menimbulkan bunyi berisik. Biar performa tunggangan makin optimal, sebaiknya diganti baru,” wanti Yuli.

 

Servis besar CVT

Perikas kondisi roller, v-belt, rumah kopling dan ketebalan kampas sentrifugalnya. Bila ada keausan pada keempat peranti ini, segera diganti baru.

Pasalnya kalau roller peyang, rumah kopling sudah aus dan kampas sentrifugal sudah tipis/aus,  maka transfer tenaga jadi lambat dan besutan jalannya lelet,” pungkas kepala bengkel pengalaman lebih dari 20 tahun ini. (Banar)

# TAGS : Suzuki Skywave rekondisi servis besar matik second