Ide Gokil Kemenperin, Motor Tua Bakal Dikonversi Sebagai Motor Lisrik
Kemenperin turut mendukung gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2020.
.

Ide Gokil Kemenperin, Motor Tua Bakal Dikonversi Sebagai Motor Lisrik

motorinanews (Jakarta) - Pemerintah lewat Kemenperin Perindustrian (Kemenperin) terus berkomitmen untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan bermotor. Tujuannya utamanya adalah mengurangi penggunaan bahan bakar fosil (BBM) serta membuat udara menjadi lebih bersih.

Salah satu ide yang akan segera direalisasikan yaitu dengan mengkonversi motor tua atau motor yang sudah stop produksi menjadi motor bertenaga listrik.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin.

"Kita terbebani oleh dengan penggunaan bahan bakar fosil, itu terutama di tranportasi, yang banyak itu kan sepeda motor. Kurang lebih ada 100 juta sepeda motor di jalan. Dan ini yang banyak sekali mengkonsumsi BBM gasoline," kata Putu di sela-sela acara kick off Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, Rabu (5/2) di Jakarta.

"Makanya yang kita lakukan untuk motor-motor yang sudah tidak diproduksi lagi, kita buat melalui modifikasi kita konversi ke teknologi listrik. Itu ide dasarnya," lanjut Putu.

Putu menambahkan, pihaknya juga akan bekerjasama dengan banyak pihak untuk menetapkan standarisasi terkait modifikasi konversi motor konvensional ke listrik.

"Kita akan menyiapkan standarnya dan kita siapkan modifikator dan tenaga ahli disana. Karena ini akan macam turunannya (masing-masing part), itu yang kita sertifikasi sehingga ada standar knowlegde dan skill sehingga mereka bisa bertanggung jawab atas hasil kerjanya," beber Putu.

Pada ajang IMX 2020 sendiri Kemenperin dan NMAA selaku penyelenggara IMX nantinya akan memamerkan contoh dari motor tua yang sudah dikonversi menjadi motor bertenaga listrik. (adr)

# TAGS : kemenperin motor tua konversi motor listrik