Berikut Ciri-Ciri Ban Motor Minta Ganti Baru, Salah Satunya Benjol
Berikut Ciri-Ciri Ban Motor Minta Ganti Baru, Salah Satunya Benjol (Banar).
.

Berikut Ciri-Ciri Ban Motor Minta Ganti Baru, Salah Satunya Benjol

motorinanews, Jakarta – Bawaan lahir, ban motor umumnya bisa bertahan sekitar 1,5 – 2 tahun. Namun kenyataan di lapangan, lantaran aktivitas bersama tunggangan kesayangan cukup tinggi, belum genap berumur 1 tahun, kadang ban motor sudah aus atau gundul.

“Jadi usia pakai sudah berapa lama, enggak bisa jadi patokan utama Gengs. Namun rutinitas dan medan yang biasa dilewati, juga berpengaruh terhadap keausan ban,” ucap Pak’e Yanto, mekanik Layz Motor.

Nah, biar ada gambaran jelas, berikut ciri-ciri ban motor minta ganti baru;

Alur kembang sudah menipis

Ban memiliki alur garis yang bertujuan untuk memecah genangan air saat melintas. Hal tersebut membuat sepeda motor tidak tergelincir. Namun, jika alur ban sudah tidak terlihat, berarti ban motor sudah terlalu lama digunakan. Maka, sebaiknya diganti.

Sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI)

Tread Wear Indicators (TWI) adalah penanda yang ada di sisi permukaan ban.  Bentuknya segitiga sebagai penanda batas keausan ban motor. Semakin dekat ujung pemukaan ban dengan ujung segitiga TWI, tandanya ban sudah mulai tipis.

Goyang saat berbelok

“Selain shockbraker, ban juga membantu meredam benturan di jalanan yang tidak rata. Jika ban motor terasa goyang atau oleng saat menikung di jalan beraspal yang rata, berarti ban motor sudah tidak proporsional untuk digunakan,” imbuh Yanto.

Terlalu membal

Ban yang bagus adalah yang kinerjanya bisa sejalan dengan shockbraker, terutama di jalanan yang tidak merata. Jika ban terlalu membal saat menghadapi benturan, maka tekstur ban sudah terlalu keras, sehingga tidak elastis lagi saat mengenai permukaan yang tidak merata.

Ada benjolan di permukaan ban

Benturan keras bisa membuat permukaan ban motor menjadi bergelombang atau benjol. Benjolan ini tidak terlihat besar dan bulat, tapi jika permukaan ban tidak merata, bisa berakibat fatal terutama jika melaju kencang dan menikung.

Nah, bila ciri-ciri tersebut di atas sudah dialami, berarti sudah waktunya Motorinalovers, ganti ban baru. (Banar)

# TAGS : ban motor usia pakai umur ban TWI