Tutup Pentil, Berfungsi Vital Tapi Sering Diabaikan
Tutup Pentil, Berfungsi Vital Tapi Sering Diabaikan (Banar).
.

Tutup Pentil, Berfungsi Vital Tapi Sering Diabaikan

motorinanews, Jakarta – Bawaan lahir, setiap tunggangangan pasti dilengkapi tutup pentil di masing-masing rodanya.

Bentuknya memang kecil sih, namun fungsi dari peranti ini cukup vital lho Gengs. Kalo enggak Vital, ngapain juga pabrikan melengkapi line up produksinya dengan tutup pentil ini.

Namun sayangnya belum banyak riders maupun sang empunya tunggangan yang paham dan mengerti fungsi dari peranti ini. Nah, biar enggak gagal paham, berikut akan dipaparkan fungsi dan tips menjaga tutup pentil, yang dilansir dari website Wahana Honda.

Fungsi Tutup pentil

Ada banyak sekali fungsi dari peranti kecil ini, Gengs, pertama, untuk mencegah udara di dalam ban ke luar.

Meski kelihatannya udara tidak bergerak dan ban tidak kempes, namun jika tutup pentil dibiarkan terbuka dan motor digunakan untuk berkendara, maka lambat laun tekanan udaranya akan berkurang. Hal ini menyebabkan ban sering kempes atau kurang angin. 

Selain itu, tutup pentil juga berfungsi untuk mencegah debu dan kotoran masuk ke lubang pengisian angin. Jika lubang terisi kotoran, maka proses pengisian angin pun akan sulit dilakukan.

Saat musim hujan, tutup pentil yang terbuka juga bisa menyebabkan air masuk dan berpotensi menimbulkan karat.

Tips menjaga tutup pentil

Untuk menjaga kondisi tutup pentil motor, pastikan Motorinalovers selalu memperhatikannya ketika mengisi angin.

Jangan sampai tutup pentil motor diletakkan sembarangan dan akhirnya hilang. Banyak orang yang kehilangan tutup pentil motor dan membiarkannya begitu saja, yang berujung bagian ban mengalami masalah.

Selain itu, tutup pentil juga harus dijauhkan dari api karena bisa meleleh dan terbakar. Berhati-hatilah juga saat melepas dan memasang tutup pentil, karena teksturnya yang ringkih membuat tutup pentil motor rawan bengkok dan rusak.

Bila tutup pentil motor hilang atau kondisinya sudah tidak layak lagi, sebaiknya segera mengganti dengan yang baru. Jangan biarkan motor kesayangan berjalan tanpa tutup pentil karena bisa mempengaruhi performanya meski tidak langsung terlihat dan terasa.

Ingat, ban merupakan salah satu bagian terpenting dari motor, sehingga tutup pentil pun perlu dijaga kondisinya. (Banar)

# TAGS : Tutup pentil fungsi vital riders pabrikan