Sering Boncengin Buah Hati Naik Motor? Tips Aman Boncengin Anak Ini Wajib Dipahami
Tips Aman Boncengin Anak ala MPM (ist).
.

Sering Boncengin Buah Hati Naik Motor? Tips Aman Boncengin Anak Ini Wajib Dipahami

motorinanews, Surabaya – Enggak bisa dipungkiri, aktivitas masyarakat Tanah Air saat ini khususnya di kota-kota besar adalah menggunakan sepeda motor.

Sejalan dengan hal tersebut, enggak sedikit orang tua yang juga sering bepergian menggunakan sepeda motor bersama keluarga maupun hanya berboncengan dengan anak.

Namun yang disayangkan, masih banyak pula orang tua yang kurang peduli dengan keselamatan dan nyawa si buah hati, lantaran masih banyak yang membiarkan anaknya enggak memakai helm, saat bepergian dibonceng motor.

Nah, kalo Motorinalovers peduli soal keselamatan berkendara saat ngeboncengin buah hati, tips aman boncengin anak ala MPM ini, wajib dipahami;

1.Wajib memakai helm

Hal ini sudah menjadi standar saat bepergian menggunakan kendaraan roda dua, yaitu wajib menggunakan helm. Baik pengedara maupun penumpangnya juga wajib menggunakan helm.

“Enggak terkecuali orang dewasa maupun anak-anak, wajib memakai helm. Pastikan juga helm yang digunakan sesuai dengan ukuran kepala penumpang. Bila membawa anak- anak pastikan helm yang dikenakan memang helm khusus anak-anak,” ucap Yudistira Ardi, Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM).

2.Memakai jaket dan masker

Selain helm, anak juga harus menggunakan jaket dan masker. Karena tubuh anak anak masih sangat rentan terhadap angin kencang serta polusi udara.

“Jaket dan masker ini dikenakan guna mencegah terpapar debu dan angin yang dapat membuat mereka terserang penyakit,” imbuh Yudistira.

3.Duduk di belakang

Jika anak sudah cukup besar, tinggi badannya memadai, dan kakinya bisa menyentuh pijakan kaki pembonceng, anak bisa duduk di belakang. Namun, jika belum, sebaiknya ada orang dewasa lain yang mendampinginya saat duduk di belakang.

Ketika membonceng balita, bawa pengaman khusus seperti sabuk boncengan. Posisi duduk harus senyaman mungkin dan usahakan jangan bawa anak lebih dari satu.

”Carilah rute berkendara paling aman dan hindari jalan berlubang. Jangan lupa selalu taatilah rambu-rambu lalu lintas,dan jangan melanggar karena akan sangat berbahaya,” tutup Yudistira. (Banar)

# TAGS : PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Yudistira Ardi Safety Riding boncengin anak