Ragam Kerusakan Dan Faktor Penyebab Ban Motor Cepat Rusak
Ragam Kerusakan Dan Faktor Penyebab Ban Motor Cepat Rusak (Banar).
.

Ragam Kerusakan Dan Faktor Penyebab Ban Motor Cepat Rusak

motorinanews, Jakarta - Kurangnya perawatan dan beberapa kesalahan dalam berkendara, tak ayal membuat ban sepeda motor lebih cepat rusak, meskipun sudah didesain bisa bertahan 1,5 hingga 2 tahun.

Kerusakannya pun beragam, Gengs, diantaranya; ban benjol, ban sobek, ban botak sebelah atau kembangan termakan sebelah. “Begitu juga faktor penyebabnya, juga bervariasi”, tutur Syafrudin, owner Udin Motor.

Ban benjol

Hal ini menandakan bahwa benang konstruksi di dinding putus. Biasanya karena bagian samping ban sepeda motor membentur trotoar atau benda keras lainnya.

“Kalau benjol di tengah, dikarenakan kondisi suspensi mati, sehingga ban seperti dibiarkan menahan beban berat kendaraan sekaligus pengendara dan penumpang,” yakin pebengkel akrab disapa Udin.

Ban sobek

Hal ini terjadi umumnya karena tekanan angin kurang, sehingga mudah terkena benda tajam seperti paku.

“Hal paling penting dalam perawatan ban sepeda motor adalah menjaga tekanan udaranya. Tekanan udara ini menjadi musuh utama pada ban yang sering disepelekan pemiliknya,’ wanti pebengkel di bilangan Halim Perdana Kusuma, Jaktim.

Kembang ban termakan sebelah

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kembang ban termakan sebelah, salah satunya kondisi pelek oleng. Kemungkinan lain, volume oli shock sudah tidak seimbang, sehingga kerja suspensi jadi tidak sama.

Ban retak-retak

Ban motor retak-retak biasanya karena terlalu lama disimpan, sehingga membuat elastisitasnya berkurang. Untuk tahun produksinya, bisa lihat kode produksi ban pada dinding ban yang terdiri dari 4 angka.

“Dua angka awal pertanda minggu produksi, sedangkan dua angka di belakangnya menandakan tahun produksi,” pungkas Udin. (Banar)

# TAGS : Ban motor cepat rusak ban benjol ban retak retak