Berikut Alasan Peninggi Sok Hukumnya Haram Bagi Bikers
Anting-anting peninggi shock breaker (ist).
.

Berikut Alasan Peninggi Sok Hukumnya Haram Bagi Bikers

motorinanews, Jakarta – Salah satu cara ampuh bikers maupun para pemilik motor yang bosan dengan tampilan standar pabrik tunggangannya adalah dengan memodifikasi.

Namun yang disayangkan adalah kadang memodifikasi motor tanpa memperhitungkan dari segi safety atau keamanan.

Sebagai contoh membuat tunggangan lebih tinggi dengan aplikasi anting-anring peninggi shock breaker, meskipun hal ini tidak direkomendasikan oleh mekanik, bengkel maupun pabrikan, bahkan banyak juga yang mengharamkannya.

Nah, yang jadi pertanyaan, amankah penggunaan anting-anting shock breaker ini? Pasalnya kenyataan di lapangan, masih banyak yang menggunakannya.

Hanya aksesoris motor kontes

Pada dasarnya, anting-anting shock breaker belakang hanya digunakan sebagai aksesoris motor kontes, bukan sepeda motor yang digunakan untuk harian.

“Makanya, kebanyakan produk anting-anting peninggi shock belakang ini memiliki tampilan yang cantik dan cenderung terbuat dari bahan yang rapuh,” ujar Yanto Pak’e, mekanik Layz Motor.

Jadi pada intinya, penggunaan anting-anting peninggi shock breaker belakang untuk motor harian, hukumnya haram dan tidak aman.

Bahkan berisiko menyebabkan kecelakaan, karena anting-anting berpotensi patah saat motor menghajar lubang atau ketika digunakan untuk mengangkut beban yang berat.

Rentan bikin shock bengkok

“Selain itu, penambahan anting-anting sangat rentan membuat shock breaker bengkok hingga patah,” wanti Pak’e.

Resiko ini akan semakin tinggi saat shock breaker yang digunakan bukan produk standar atau kualitasnya sudah buruk, bahkan bisa membuat kendaraan mudah oleng saat menikung.

Solusi

Solusi kalau Motorinalovers ingin melakukan modifikasi agar buritan lebih tinggi, sebaiknya dengan mengganti shock breaker belakang dengan ukuran yang lebih tinggi.

“Bila terpaksa harus memilih anting-anting peninggi shock breaker belakang karena keterbatasan dana, sebaiknya cari anting-anting pengganti, tapi bukan anting-anting tambahan,” pugkas mekanik yang ngepos di Jl. Kelapa Dua, Kebon jeruk, Jakbar. (Banar)

# TAGS : Anting anting peninggi shock breaker sok belakang peninggi sok