motorinanews
Home »

Resiko Ganti Ban Di Luar Standar Pabrikan, Pada Motor Modifikasi

Senin, 27/04/2020 15:01 WIB
Resiko Ganti Ban Di Luar Standar Pabrikan, Pada Motor Modifikasi
Resiko Ganti Ban Di Luar Standar Pabrikan, Pada Motor Modifikasi (Banar)

motorinanews, Jakarta – Memodifikasi tunggangan dengan aplikasi berbagai aksesoris, memang banyak dilakukan Motorinalovers yang suka tampil modis dan eye catching.

Dalam hal modifikasi ini, mengganti ban biasanya menjadi menu utama saat Motorinalovers memodifikasi tunggangannya.

Selain harganya lebih terjangkau, penggantian ban juga tidak butuh penyesuaian ataupun mengubah macam-macam. Hanya ada dua, yaitu menaikan ukurannya dari ukuran yang normal atau mengecilkannya dari ukuran satandarnya.

Namun agar Motorinalovers tetap aman dan nyaman setelah tungganganya ganti ban baru, wajib tahu resikonya jika mengganti ban yang berbeda dari ukuran normalnya. Berikut dilansir dari laman website Suzuki.co.id.

Profil ban kecil

Saat memodifikasi ban motor dengan profil yang lebih kecil resikonya ban akan jadi lebih licin, serta grip ke jalan raya jadi tidak terlalu mencengkram, sehingga bisa menimbukan bahaya untuk diri sendiri juga pengendara lainnya.

Memakai ban yang lebih kecil  juga bisa menghambat perjalanan, karena harus mengatur kecepatan. Motorinalovers tidak boleh terlalu kencang karena bisa menjadi tidak stabil dan berpotensi celaka.

Profil ban besar

Mengganti ban motor modifikasi dengan profil ekstra besar dan lebar, kemungkinan Motorinalovers juga harus mengganti swing arm, velg dan rantai, sehingga akan memakan biaya yang cukup mahal.

Namun jika hanya naik step sekitar satu atau dua tingkat lebih besar dari ukuran normalnya, pastinya tidak perlu mengganti komponen tersebut di atas.

Sedangkan resiko utama ketika mengganti ban yang lebih besar adalah motor jadi lebih berat ketika bermanuver, karena bannnya lebih berat dari yang normal serta dapat meningkatkan resiko kurang awetnya sparepart pendukungnya, seperti; rantai dan gear.

Itulah resiko mengganti ukuran ban motor, semoga dapat membantu mempertimbangkan sebelum memodifikasikan motor anda. (Banar)

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 motorinanews.id All Right Reserved