motorinanews
Home »

Uji Coba, Motor Listrik Budi Luhur Tembus 100 Kpj

Selasa, 16/02/2021 11:40 WIB
Uji Coba, Motor Listrik Budi Luhur Tembus 100 Kpj
Pembalap Galih Aji Prakoso uji coba motor listrik Budi Luhur (Dok.Universitas Budi Luhur)

Mobilinanews (Jakarta) - Inovasi teknologi dari anak bangsa tak ada matinya. Salah satunya adalah mahasiswa dari Universitas Budi Luhur. Mereka berhasil membangun motor listrik dengan nama Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) bulan lalu.

Setelah diperkenalkan, motor listrik ini diuji coba di Sirkuit Sentul untuk mengukur kemampuannya, sebagai tolak ukur awal pengembangan BL-SEV01 ke depan. Uji coba dilakukan oleh pembalap muda, Galih Aji Prakoso.

Pemilihan Galih sebagai tester rider diharapkan bisa memaksimalkan kinerja performa motor dan memberikan masukan kepada pihak Universitas Budi Luhur agar dikembangkan lebih baik lagi di kedepannya.

"Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit. Nantinya tester rider akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik untuk dievaluasi," kata Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono melalui keterangan resminya.

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Kemudian baterai bisa kembali terisi penuh setelah melakukan pengecasan selama 4 jam.

Hasil uji coba pertama kali ini cukup baik karena BL-SEV01 berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik. BL-SEV01 juga sempat mencatatkan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Sayangnya ketika sepeda motor akan dipacu kembali lebih kencang, BL-SEV01 mengalami permasalahan di bagian gear set, sehingga mengalami penurunan performa. Namun masalah ini segera ditangani.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengapresiasi hasil pengetesan motor listrik ini, dan berharap pengembangan terus dilakukan oleh tim.

"Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap. Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi," ujarnya.

About Us | Our Team | Careers | Pedoman Siber | Disclaimer

© 2017 motorinanews.id All Right Reserved